Cara Mount File ISO di Windows 8.1 dan 10

Meskipun kamu dapat menemukan banyak tools untuk membuka dan memasang file ISO, Windows 10 sendiri menyertakan kemampuan untuk membuka file ISO secara mudah tanpa memerlukan perangkat lunak tambahan.

Namun, jika kamu masih menjalankan Windows 7, kamu perlu mendownload utility yang dapat membantu kamu memasang file ISO untuk PC/Laptop.

Melakukan mount file ISO ini bertujuan untuk melihat isi dari file ISO tersebut. Kenapa ada mount ISO? Karena file ISO sendiri tidak bisa dibuka kalau belum dimount.

Nah, berikut ini erabaru.or.id telah merangkumkan ulasan tersebut, dan berikut cara mount file ISO untuk Windows 8.1 dan 10.

Cara Mount File ISO di Windows 8.1 dan 10

Di Windows 10, kamu dapat mengakses file ISO setidaknya dengan tiga cara berbeda saat menggunakan File Explorer, selengkapnya dibawah ini:

1. Mount File ISO dengan dobel klik

Langkah awal, kamu hanya perlu memanfaatkan program Windows Explorer. Disana kamu dapat langsung mount file ISO menggunakan cara dobel klik file-nya saja. Lebih jelasnya, gunakan langkah-langkah berikut ini.

1) Buka File Explorer.
2) Telusuri ke folder yang terdapat file ISO.

Membuka ISO dengan Dobel Klik

3) Klik dua kali pada file dengan ekstensi .iso tersebut untuk membukanya.
4) Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah ini, file ISO akan terbuka seperti folder lainnya, sehingga memungkinkan kamu untuk mengakses dan mengekstrak isi dari file ISO tersebut.
5) Selesai.

2. Mount File ISO dari Menu Context

Selain cara pertama tadi, kamu juga dapat membuka file ISO dengan memanfaatkan menu Context. Menu ini juga letaknya sama di Windows Explorer.

Melansir dari Thelastsurvivors.org, untuk membuka file ISO dengan menggunakan menu context File Explorer, gunakan langkah-langkah di bawah ini:

1) Buka File Explorer.
2) Telusuri ke folder yang terdapat file ISO.
3) Klik kanan pada file dengan ekstensi .iso tersebut dan pilih Mount.

Mount File ISO dari Menu Context

4) Setelah anda menyelesaikan langkah-langkahnya, anda dapat mengakses file ISO dengan memilih drive virtual dari panel navigasi sebelah kiri.
5) Selesai.

3. Mount ISO dari Ribbon Menu

Terakhir, kamu juga dapat menggunakan fitur yang telah disediakan oleh Windows Explorer. Fitur yang kami maksud adalah fitur Ribbon Menu. Untuk membuka file ISO melalui menu ribbon, gunakan langkah-langkah berikut ini:

1) Buka File Explorer.
2) Telusuri ke folder yang terdapat file ISO.
3) Pilih berkas file dengan ekstensi .iso.
4) Klik tab Disk Image Tools.

Mount Image dari Ribbon Menu

4) Klik Mount dan ikuti langkah-langkah seperti sebelumnya.
5) Selesai.

Cara Mudah Unmount File ISO

Setelah kamu tidak lagi menggunakan file ISO tersebut, kamu dapat dengan mudah melakukan unmount terhadap filenya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1) Buka File Explorer.
2) Pilih expand tampilan This PC dari panel navigasi sebelah kiri.
3) Klik kanan drive virtual dan pilih opsi Eject.

Cara Mudah Unmount File ISO

4) Selesai.

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah di atas, file ISO tidak akan dapat diakses lagi sampai kamu membukanya kembali.


Seperti itu lah cara untuk melakukan Mount file ISO pada berbagai sistem operasi Windows. Bagaimana, mudah bukan?

Default image
Mo Ghozi

Leave a Reply