Mengatasi Sayangnya Google Play Telah Berhenti

Bagaimana perasaan kamu jika tiba tiba muncul tulisan “Sayangnya Google Play Telah Berhenti” padahal proses download hampir selesai? kesel banget lah.

Masalah ini sering sekali terjadi pada hampir seluruh pengguna Android dan faktornya pun sangat beragam tidak hanya satu sebab jadi solusinya pun cukup variatif.

Itulah kenapa pada kesempatan saat ini Erabaru.or.id akan mencoba membagikan beberapa solusi untuk mengatasi sayangnya Google Play telah berhenti tersebut. Yuk simak..

Penyebab Google Play Telah Berhenti

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Play telah berhenti disebabkan oleh beberapa hal di antaranya yaitu :

1. Versi Google Play Yang Kadaluarsa

Penyebab paling utama Play terhenti ialah karena versinya sudah usang sehingga kinerjanya tidak optimal dan kadang sudah banyak yang dimatikan fungsinya.

2. RAM HP Anda Penuh

Tentu saja dari jaman dahulu penyebab aplikasi telah berhenti atau biasa disebut force close di Android disebabkan oleh kurangnya ruang RAM pada ponsel.

Sehingga sistem operasi Android akan menetralkan aplikasi yang memakan banyak RAM agar sistem tetap dapat berjalan.

Jadi Playstore ini sendiri tergolong aplikasi pemakan ram yang cukup besar maka pastikan saat membukanya kalian sudah menutup aplikasi aplikasi lainnya.

3. Terdapat Cache Menumpuk

Cache atau biasa disebut file sampah dalam Android bisa menyebabkan banyak permasalahan, salah satunya yaitu menyebabkan Google Play terhenti.

Beberapa contoh masalah lain yang disebabkan oleh cache menumpuk ialah download tertunda ketika sedang mengunduh aplikasi di Playstore.

Jadi bisa disimpulkan bahwa cache yang menumpuk ini merupakan hal yang perlu diperhatikan, jadi semisal kalian sudah menghapus suatu berkas atau aplikasi maka pastikan langsung hapus cachenya juga agar tidak menumpuk.

Cara mengatasi Sayangnya Google Play Telah Berhenti

Setelah mengetahui apa saja sebabnya, sekarang mari kita bahas bagaimana solusi mengatasi sayangnya Google Play telah berhenti tersebut, berikut beberapa solusi yang sudah kami coba :

1. Paksa Berhenti Google Play Service

Sayangnya Google Playstore Telah Berhenti

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah menghentikan aplikasi Google Play Service secara paksa dengan menekan tombol Force Stop. Lalu tekan tombol Disable.

Kemudian lakukan restart smartphone Anda. Setelah menyala ulang, kembali buka menu Setting – App – All – Google Play Service dan kembali aktifkan dengan menekan tombol Enable.

2. Hapus Cache dan Data

Seperti yang dijelaskan pada penyebab Google Play terhenti ialah karena banyaknya cache, jadi solusinya jelas saja dengan membersihkan cache pada aplikasi tersebut.

Kalian bisa mencoba sebanyak dua kali yaitu hapus cache dan hapus data, pertama silakan mencoba hapus cache dahulu lalu jika tetap Google Play terhenti maka bisa dicoba hapus data juga.

3. Perbarui Google Play Services

update google play service

Ini dia penyebab utama terjadi sayangnya Google Play telah berhenti yaitu dikarenakan versinya yang sudah kadaluarsa atau tidak pernah diupdate. Jadi silakan update aplikasinya melalui Google Play Store.

4. Restart Ponsel Anda

Sayangnya Google Playstore Telah Berhenti dengan mudah

RAM HP penuh juga menjadi sebab Google Play Services terhenti sehingga untuk melegakan ram paling ampuh adalah dengan me-restart dahulu ponsel tersebut.

Sebenarnya restart ponsel ini memang penting dan seharusnya dilakukan minimal seminggu sekali guna menjaga performa HP tetap terjaga.

Jadi buat kalian yang mengalami Google Play Services terhenti, silahkan mencoba restart dulu ponselnya dan setelah menyala ulang, coba buka kembali. Jika tetap saja, pakai solusi berikutnya.

6. Update Sistem HP Anda

Selain Google Play Services yang perlu diperbarui ternyata kalau sistem ponsel kamu juga tidak diperbarui itu juga bisa menyebabkan beberapa kinerja aplikasi tidak maksimal loh.

Contohnya ya si developer Google Play Services ini mengupdate aplikasinya dengan minimum harus memakai sistem Android versi ke 9, sedangkan ponsel kamu masih versi 8. Maka hal ini menyebabkan aplikasi tidak bisa berjalan.

Jika sistem ponsel Anda sudah muncul notifikasi untuk melakukan update, segera lakukan update agar kinerja samrtphone tetap baik dan semua aplikasi bisa dijalankan, termasuk Google Play Services .

7. Reset HP Anda

Nah solusi terakhir yang jelas paling ampuh untuk masalah Google Play Services yang tak kunjung selesai ini ialah dengan mereset HP kalian secara hard reset atau biasa disebut reset data pabrik hingga flashing.

Namun perlu diingat pastikan saat hendak mereset hpnya, silakan dibackup dulu semua data data pentingnya, jangan asal reset nanti bingung data pentingnya hilang.

Untuk cara resetnya sendiri bagi yang belum tahu kurang lebih begini langkahnya :

Buka menu Pengaturan => Pilih opsi menu Setelan Tambahan => Klik pada Buat Cadangan dan Reset Pabrik => Lalu klik pada “Hapus Seluruh Data & Aplikasi”.

Kurang lebih begitulah cara atau solusi yang bisa kami bagikan untuk mengatasi sayangnya Google Play telah berhenti, jika ada yang kurang jelas bisa berkomentar. Terima Kasih..

Default image
Ghozi

Leave a Reply