Tips dan Cara Membuat Denah Rumah Untuk Pemula

Sebelum memulai pembangunan sebuah rumah, kita akan selalu dimintai konsep seperti apa yang diinginkan sampai di tiap ruangan atau denah rumah, supaya nantinya bakal tempat tinggal ini akan menjadikan penghuninya senang dan betah.

Karena itu kita perlu mengetahui tentang cara membuat denah rumah yang bikin betah, supaya nantinya konsep yang dimiliki bisa diterjemahkan dalam bentuk gambar, sebelum pembangunan dilakukan.

Denah rumah secara harfiah diterjemahkan sebagai diagram atau skema bangunan dengan titik lihat tampak atas.

Nantinya dalam diagram denah itu bisa menggambarkan bentuk keseluruhan, atau hanya ruang per ruang sesuai kebutuhan.

Untuk bisa membuat konsep ruangan apa saja yang akan dibuat selain kamar dan ruang tamu, ada baiknya kita menginventarisir lebih dulu aktivitas apa saja yang akan dilakukan di rumah dari para penghuni.

Tips dan Cara Membuat Denah Rumah

Cara Membuat Denah Rumah

Supaya nantinya denah rumah bisa ideal sesuai kebutuhan, ada baiknya memperhatikan hal-hal berikut sebagai fungsi inti rumah:

  • Usahakan ada ruang yang bisa multifungsi dan juga fleksibel. Tujuannya kalau sewaktu-waktu ada acara keluarga yang butuh ruang untuk berkumpul, ruangan ini bisa dimanfaatkan untuk tidur bagi banyak orang. Jadi semacam ruang serbaguna untuk berbagai keperluan.
  • Hindari mendesain kamar mandi dan ruang makan berdekatan, karena berkaitan dengan higienitas agar saat makan tidak terganggu aktivitas di kamar mandi. Karena itu buatlah denah yang membuat nyaman beraktivitas.
  • Pastikan untuk menentukan letak ventilasi bagi sirkulasi udara. Dengan pertukaran udara yang baik, suasana dalam rumah akan jadi nyaman dan tentunya menyehatkan.
  • Hitunglah ukuran tiap-tiap ruangan yang akan dibuat, karena berkaitan dengan jumlah penghuni rumah, dan aktivitas di dalamnya, termasuk penempatan perabot seperti meja, kursi, dan barang-barang lain.
  • Tentukan juga model rumah yang akan dibangun, apakah satu lantai atau dua lantai. Ini terkait dengan pembuatan denah secara keseluruhan, termasuk menentukan jumlah kamar, letak carport atau garasi, dan lain-lain.
  • Setelah menentukan gambaran ruangan dan zonasi seperti apa yang diinginkan, mulailah menggabungkan semua yang dibutuhkan ke dalam sebuah denah rumah dasar. Tidak perlu terlalu detail lebih dulu, supaya mudah saat melakukan penyesuaian dari apa yang sudah digambar sebelumnya.
  • Buatlah lebih dari satu denah, agar nanti kita punya gambaran ideal rumah seperti apa yang akan dibangun, berdasarkan konsep yang sudah tergambar. Setelah memilih salah satu denah terbaik yang akan diaplikasi, tambahkan detail berupa ukuran, dan detail arsitektural lainnya seperti ketebalan dinding, tinggi lantai dari tanah, dan masih banyak lagi.
  • Apabila masih ada kebingungan denah seperti apa yang akan dibuat, kumpulkanlah referensi yang sesuai dengan bayangan konsep awal, akan seperti apakah rumah yang akan dibuat nantinya. Dengan adanya berbagai referensi, akan bisa jadi inspirasi membuat denah rumah yang sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga: Desain Balkon Rumah Minimalis

Sekarang denah rumah sudah bisa digambar, dan diterapkan sebagai acuan pembangunan. Sekalipun nantinya ada perubahan, setidaknya kita sudah memiliki konsep dasar dalam bentuk gambar, tinggal melakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja anggaran yang dimiliki.

Demikian pembahasan cara membuat denah rumah untuk pemula yang bisa Anda pelajari.

Default image
Ghozi

Leave a Reply