5 Inspirasi Balkon Rumah Minimalis Bikin Hunian Makin Nyaman

Seiring dengan makin terbatasnya lahan, pembuatan hunian sekarang lebih condong pada rumah minimalis dan bertingkat, dengan balkon atau semacam teras di lantai dua untuk kegiatan para penghuninya.

Pada rumah minimalis bertingkat, keberadaan balkon sering tidak terlalu diperhatikan, karena sudah dianggap sebagai standar yang harus ada.

Bahkan sering kali fungsinya hanya sebagai tempat untuk menjemur baju karena tidak ada lahan yang cukup untuk melakukannya.

Dengan perkembangan saat ini, balkon rumah minimalis juga bisa dimaksimalkan sehingga tidak sekedar hanya sebagai tempat jemuran, tapi juga bisa menjadi tempat bersantai dan beraktivitas lainnya.

Sedikit sentuhan akan menjadikan balkon makin menarik dan bikin betah, sekaligus makin membuat rumah semakin cantik. Inspirasi ala café misalnya, akan membuat keluarga akan lebih senang menghabiskan waktu di rumah.

Mungkin ukuran balkon di rumah tidak begitu besar, namun tidak menghalangi untuk bisa beraktivitas atau hanya sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan di sekitar lingkungan.

Berikut lima inspirasi menjadikan teras depan rumah tingkat anda semakin membuat betah di rumah:

Balkon Rumah Minimalis Bernuansa Taman atau Kebun

Balkon Rumah Minimalis

Sekarang bercocok tanam tidak lagi harus butuh lahan atau halaman luas. Anda bisa melakukannya di balkon rumah, sekaligus membuat hunian secara keseluruhan makin nyaman dan asri. Hadirkan bunga-bunga yang indah dalam pot, apotek hidup atau tabulampot (tanaman buah dalam pot). Selain membuat nuansa hijau, manfaat dalam tabulampot juga bisa dinikmati saat berbuah nanti.

Balkon Bernuansa Kayu

Balkon Bernuansa Kayu

Nuansa kayu pada umumnya dikreasikan dengan furniture atau mebel dari kayu, agar kesan elegan terpancar. Bisa juga ditambahkan pelapis lantai dan dinding bermotif serat kayu, untuk menimbulkan nuansa alami dan menyenangkan. Tempatkan perabot kayu secukupnya, tidak perlu terlalu banyak untuk menjaga kesan elegan yang sudah muncul.

Balkon Bernuansa Logam

Balkon Bernuansa Logam

Jenis balkon yang materialnya didominasi logam seperti besi dan kawat baja, cukup populer di Indonesia karena daya tahannya yang lebih baik, terutama pada perubahan cuaca yang cukup ekstrem seperti panas dan hujan yang sering datang tiba-tiba. Penggunaan logam biasanya diaplikasi pada pagar tangga dan pagar balkon, dipadu dengan kaca untuk menambah kesan mewah.

Balkon Bernuansa Formal

Ingin membuat ruang keluarga yang biasanya ada di lantai bawah? Buat saja semacam copy dari ruangan tersebut ke balkon, meski dengan luas ruangan yang lebih sempit. Tempatkan perabot seperti kursi dan meja seperti halnya di ruang tamu, dan buatlah dekorasi agar suasananya lebih nyaman untuk bercengkerama. Kalau ingin terlihat elegan, masukkan unsur kayu seperti lantai pelapis, pagar balkon, dan juga perabot yang digunakan.

Balkon Terintegrasi

Artinya antara balkon dan ruangan di dalam rumah bisa tersambung sedemikian rupa, sehingga kesannya lantai dua terlihat lebih luas. Manfaatkan pintu kaca transparan atau jendela kaca yang lebar, agar kesan luas bisa lebih terasa.

Ada banyak cara untuk memaksimalkan ruangan yang ada di rumah minimalis, dan balkon jadi salah satu solusi untuk memanfaatkan ruangan yang ada. Dengan pengaturan sedemikian rupa, dan memberikan sentuhan seperti pintu dan jendela kaca, kesan luas akan didapat dan hunian akan menjadi lebih cozy dan menyenangkan untuk ditinggali.

Default image
Ghozi

Leave a Reply